KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII VIII DAN IX


SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM


KELAS VII SEMESTER GANJIL


KOMPETENSI INTI
REPOSISI KOMPETENSI
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.       Meyakini misi  dakwahNabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
1.2.       Meyakini kebenaran risalah Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekah
1.3.       Menghayati nilai-nilai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw di Madinah
1.4.       Meyakini bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah utusan Allah Swt,.  untuk membangun umat.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.       Membiasakan perilaku kasih dan sayang terhadap sesama sebagai implementasi terhadap misi Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat bagi alam semesta.
2.2.       Meneladani sikap istikamah seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw dalam berdakwah di Mekah
2.3.       Memiliki sikap peduli terhadap kegiatan dakwah di masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah
2.4.        Membiasakan sikap mandiri sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan   
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1         Memahami misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
3.2         Memahami  strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah
3.3         Mengidentifikasistrategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah
3.4         Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
3      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1.       Mempresentasikan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
4.2.       Membuat peta konsep mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah
4.3.       Memaparkan strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Medinah dalam bentuk tulis atau lisan.
4.4.       Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan




KELAS VII SEMESTER GENAP


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.       Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah seperti yang dilakukan oleh Khulafaur Rasyidin
1.2.       Menghayati nilai-nilai positif yang dicontohkan oleh khalifah-khalifah pada masa dinasti bani Umayah.
1.3.       Meyakini bahwa bahwa ilmu adalah hal penting dalam upaya memajukan kebudayaan dan peradaban umat.
1.4.       Menghayati nilai-nilai mulia yang dicontohkan oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.      Menunjukkan perilaku istikamah sebagai implementasi dari pemahaman mengenai kepemimpinan  Khulafaur Rasyidin
2.2.      Memiliki sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman mengenai perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
2.3.      Memiliki perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman mengenai peran ilmuwan muslim dalam memajukan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah.
2.4.      Menunjukkan perilaku sederhana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1.       Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa  Khulafaur Rasyidin
3.2.       Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
3.3.       Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.
3.4.       Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
3.    Mencoba, mengolah, dan menyaji  dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1.      Menceritakan kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin
4.2.      Membuat peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan dan peradaban pada masa dinasti bani Umayyah.
4.3.      Membuat tabel berkaitan dengan tokoh ilmuwan muslim beserta bidang keilmuannya yang hidup pada masa dinasti Umayyah.
4.4.       Memaparkan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam bentuk tulis atau lisan

KELAS VIII SEMESTER GANJIL 


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.       Menghayatiibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya dinasti bani Abbasiyah.
1.2.       Menghayati nilai-nilai positif dari para khalifah pilihan dari dinasti bani Abbasiyah.
1.3.       Menghayati nilai semangat menuntut ilmu yang dicontohkan oleh ilmuwan muslim dalam bidang ilmu pengetahuan umum pada masa dinasti bani Abbasiyah.
1.4.        Menghayati nilai-nilai positif yang ditunjukkan oleh ilmuwan muslim dalam bidang agama pada masa dinasti bani Abbasiyah
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.       Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahamanmengenai sejarah berdirinya dinasti bani Abbasiyah
2.2.       Meneladani perilaku istikamah seperti yang dicontohkan oleh para khalifah dari dinasti bani Abbasiyah
2.3.       Menunjukkan perilaku semangat belajar sebagai implementasi dari pemahaman mengenai tokoh ilmuwan muslim di bidang ilmu pengetahuan pada masa dinasti bani Abbasiyah
2.4.       Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu seperti yang dicontohkan oleh ilmuwan muslim di bidang ilmu-ilmu agama pada masa dinasti bani Abbasiyah
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1.       Memahamisejarah berdirinya dinasti bani Abbasiyah
3.2.       Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa  dinasti bani Abbasiyah
3.3.       Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa al-Khawarizmi (ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Abbasiyah
3.4.       Mengidentifikasi para ulama’ penyusun kutubussittah (ahli hadis), empat imam mazhab (ahli fikih), Imam At-Tabari, Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti bani Abbasiyah.
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1.       Menceritakan silsilah kekhalifahan dinasti bani Abbasiyah
4.2.       Menceritakan perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa  Dinasti bani Abbasiyah
4.3.       Menceritakan biografi dan karya para ilmuwan muslim pada masa Dinasti bani Abbasiyah
4.4.       Memaparkan peran  ilmuwan muslim dalam bidang agama dalam memajukan kebudayaan / peradaban pada masa dinasti bani Abbasiyah 


KELAS VIII SEMESTER GENAP


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.       Menghayatiibrah atau nilai-nilai dari proses berdirinya dinasti Al Ayyubiyah
1.2.       Menghayati nilai-nilai positif dari perkembangan dinasti Al-Ayyubiyah
1.3.       Menghayatisemangat perjuangan Shalahuddin al-Ayyubi dalam upaya menegakkan agama Allah Swt,.
1.4.       Menghayati nilai-nilai positif yang ditunjukkan oleh ilmuwan muslim pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.       Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari pemahamanmengenai sejarah berdirinya dinasti bani Al Ayyubiyah
2.2.       Meneladani perilaku istikamah seperti yang dicontohkan oleh para khalifah dari dinasti bani Al Ayyubiyah
2.3.       Meneladani semangat juang dari dinasti Al-Ayyubiyah yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)
2.4.       Meneladani semangat menuntut ilmu para ilmuwan muslim dinasti Al-Ayyubiyah
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1.       Memahami  sejarah berdirinya dinastiAl-Ayyubiyah
3.2.       Mengidentifikasi perkembangankebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
3.3.       Memahamisemangat juang para penguasa dinasti Al-Ayyubiyah yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)
3.4.       Mengidentifikasi ilmuwan muslim dinasti Al-Ayyubiyah dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1.       Menceritakan sejarah berdirinya dinastiAl-Ayyubiyah
4.2.       Membuat peta konsep mengenai hal-hal yang dicapai pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
4.3.       Menceritakan biografi tokoh yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
4.4.       Memaparkan peran  ilmuwandalam memajukan kebudayan dan peradaban Islam pada masa dinasti Al-Ayyubiyah

KELAS IX SEMESTER GANJIL 


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.       Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
1.2.       Menghayati nilai-nilai perjuangan yang dicontohkan oleh juru dakwah di di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1.3.       Menghayati nilai-nilai perjuangan Walisanga dan lain-lain  dalam mensyiarkan Islam
1.4.       Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan Abdur Rauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.       Meneladani sikap arif dan bijaksana sebagaiimplementasi dari pemahamanmengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara
2.2.       Menghargai nilai-nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia
2.3.       Meneladani sikap istikamah seperti dicontohkan oleh  Walisanga dan lain-lain
2.4.       Meneladani semangat juang menyebarkam agama Islam seperti yang dicontohkan oleh Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1.       Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
3.2.       Memahami sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
3.3.       Memahami biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisanga, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari)
3.4.       Memahami  semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1.      Memaparkanalur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia
4.2.      Menceritakan sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
4.3.      Menceritakan biografi Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
4.4.      Membuat peta konsep mengenai nilai-nilai perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia 


KELAS IX SEMESTER GENAP


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1         Meyakini bahwa Allah Swt,.memberi potensi seni dan budaya pada setiap insan dan umat.
1.2         Menghayati nilai-nilai positif yang ada dalam tradisi masyarakat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
1.3         Menyadari bahwa Allah SWT,.  menciptakan umat-Nya dilengkapi dengan potensi seni dan budaya
1.4         Berkomitmen ikut melestarikan tradisi dan adat budaya yang Islami
2      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1.       Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara
2.2.       Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura)
2.3.       Menunjukan sikap menghargai keaneka-ragaman  tradisi dan adat budaya.
2.4.       Menunjukkan sikap kemauan ikut melestarikan tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena, dan kejadian tampak mata
3.1          Memahami bentuk seni budaya lokal(Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
3.2          Memahami bentuk tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
3.3          Membandingkanpendekatan seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
3.4          Membandingkannilai-nilaitradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
4.1.       Menunjukkan contoh bentuk seni budaya lokal
4.2.       Memaparkan bentuk tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
4.3.       Mensimulasikan contoh seni budaya lokal(Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
4.4.       Mensimulasikan contoh tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

karya seni sebagai media dakwah

PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN