KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII VIII DAN IX
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS
VII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
|
REPOSISI KOMPETENSI
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Meyakini misi dakwahNabi Muhammad Saw. sebagai rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
1.2.
Meyakini kebenaran risalah
Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekah
1.3.
Menghayati nilai-nilai
strategi dakwah Nabi Muhammad Saw di Madinah
1.4.
Meyakini bahwa Nabi Muhammad
Saw. adalah utusan Allah Swt,. untuk
membangun umat.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Membiasakan perilaku kasih dan sayang terhadap sesama sebagai
implementasi terhadap misi Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat bagi alam
semesta.
2.2. Meneladani sikap istikamah seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad
Saw dalam berdakwah di Mekah
2.3. Memiliki sikap peduli terhadap kegiatan dakwah di masyarakat sebagai
implementasi dari pemahaman mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di
Madinah
2.4.
Membiasakan sikap mandiri
sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah Nabi Muhammad Saw dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami misi Nabi Muhammad
Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat
3.2
Memahami strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah
3.3
Mengidentifikasistrategi
dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah
3.4
Memahami sejarah Nabi Muhammad
Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
|
3 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1. Mempresentasikan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam
semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
4.2. Membuat peta konsep mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di
Mekah
4.3. Memaparkan strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Medinah dalam bentuk
tulis atau lisan.
4.4. Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat
melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
|
KELAS
VII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah seperti yang
dilakukan oleh Khulafaur Rasyidin
1.2. Menghayati nilai-nilai positif yang dicontohkan oleh khalifah-khalifah
pada masa dinasti bani Umayah.
1.3. Meyakini bahwa bahwa ilmu adalah hal penting dalam upaya memajukan
kebudayaan dan peradaban umat.
1.4. Menghayati nilai-nilai mulia yang dicontohkan oleh Khalifah Umar bin
Abdul Aziz
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1.
Menunjukkan perilaku istikamah sebagai implementasi dari pemahaman
mengenai kepemimpinan Khulafaur
Rasyidin
2.2.
Memiliki sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman mengenai
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah
2.3.
Memiliki perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari
pemahaman mengenai peran ilmuwan muslim dalam memajukan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa dinasti bani Umayyah.
2.4.
Menunjukkan perilaku sederhana sebagai implementasi dari pemahaman
mengenai sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada
masa Khulafaur Rasyidin
3.2. Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti
bani Umayyah
3.3. Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.
3.4. Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
|
3. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1.
Menceritakan kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin
4.2.
Membuat peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan dan peradaban pada masa
dinasti bani Umayyah.
4.3.
Membuat tabel berkaitan dengan tokoh ilmuwan muslim beserta bidang
keilmuannya yang hidup pada masa dinasti Umayyah.
4.4.
Memaparkan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam
bentuk tulis atau lisan
|
KELAS
VIII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Menghayatiibrah atau
nilai-nilai dari proses berdirinya dinasti bani Abbasiyah.
1.2. Menghayati nilai-nilai positif dari para khalifah pilihan dari dinasti
bani Abbasiyah.
1.3. Menghayati nilai semangat menuntut ilmu yang dicontohkan oleh ilmuwan
muslim dalam bidang ilmu pengetahuan umum pada masa dinasti bani Abbasiyah.
1.4.
Menghayati nilai-nilai positif
yang ditunjukkan oleh ilmuwan muslim dalam bidang agama pada masa dinasti
bani Abbasiyah
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari
pemahamanmengenai sejarah berdirinya dinasti bani Abbasiyah
2.2. Meneladani perilaku istikamah seperti yang dicontohkan oleh para
khalifah dari dinasti bani Abbasiyah
2.3. Menunjukkan perilaku semangat belajar sebagai implementasi dari
pemahaman mengenai tokoh ilmuwan muslim di bidang ilmu pengetahuan pada masa
dinasti bani Abbasiyah
2.4. Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu seperti yang
dicontohkan oleh ilmuwan muslim di bidang ilmu-ilmu agama pada masa dinasti
bani Abbasiyah
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Memahamisejarah berdirinya dinasti bani Abbasiyah
3.2. Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Abbasiyah
3.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari, Ibnu
Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli
filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa al-Khawarizmi
(ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradaban Islam pada
masa dinasti bani Abbasiyah
3.4. Mengidentifikasi para ulama’ penyusun kutubussittah (ahli hadis), empat imam mazhab (ahli fikih), Imam
At-Tabari, Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti bani Abbasiyah.
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1. Menceritakan silsilah kekhalifahan dinasti bani Abbasiyah
4.2. Menceritakan perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti bani Abbasiyah
4.3. Menceritakan biografi dan karya para ilmuwan muslim pada masa Dinasti
bani Abbasiyah
4.4. Memaparkan peran ilmuwan muslim
dalam bidang agama dalam memajukan kebudayaan / peradaban pada masa dinasti
bani Abbasiyah
|
KELAS
VIII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Menghayatiibrah atau
nilai-nilai dari proses berdirinya dinasti Al Ayyubiyah
1.2. Menghayati nilai-nilai positif dari perkembangan dinasti Al-Ayyubiyah
1.3. Menghayatisemangat perjuangan Shalahuddin al-Ayyubi dalam upaya
menegakkan agama Allah Swt,.
1.4. Menghayati nilai-nilai positif yang ditunjukkan oleh ilmuwan muslim
pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Menunjukkan sikap bijaksana sebagai implementasi dari
pemahamanmengenai sejarah berdirinya dinasti bani Al Ayyubiyah
2.2. Meneladani perilaku istikamah seperti yang dicontohkan oleh para
khalifah dari dinasti bani Al Ayyubiyah
2.3. Meneladani semangat juang dari dinasti Al-Ayyubiyah yang terkenal
(Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)
2.4. Meneladani semangat menuntut ilmu para ilmuwan muslim dinasti
Al-Ayyubiyah
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Memahami sejarah berdirinya
dinastiAl-Ayyubiyah
3.2. Mengidentifikasi perkembangankebudayaan/peradaban Islam pada masa
dinasti Al-Ayyubiyah
3.3. Memahamisemangat juang para penguasa dinasti Al-Ayyubiyah yang
terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adil dan Al Kamil)
3.4. Mengidentifikasi ilmuwan muslim dinasti Al-Ayyubiyah dan perannya
dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1. Menceritakan sejarah berdirinya dinastiAl-Ayyubiyah
4.2. Membuat peta konsep mengenai hal-hal yang dicapai pada masa dinasti
Al-Ayyubiyah
4.3. Menceritakan biografi tokoh yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al
Adil dan Al Kamil)pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
4.4. Memaparkan peran ilmuwandalam memajukan
kebudayan dan peradaban Islam pada masa dinasti Al-Ayyubiyah
|
KELAS
IX SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
1.2. Menghayati nilai-nilai perjuangan yang dicontohkan oleh juru dakwah di
di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1.3. Menghayati nilai-nilai perjuangan Walisanga dan lain-lain dalam mensyiarkan Islam
1.4. Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan
Islam sebagaimana yang dilakukan Abdur Rauf Singkel, Muhammad Arsyad
al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Meneladani sikap arif dan bijaksana sebagaiimplementasi dari
pemahamanmengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara
2.2. Menghargai nilai-nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia
2.3. Meneladani sikap istikamah seperti dicontohkan oleh Walisanga dan lain-lain
2.4. Meneladani semangat juang menyebarkam agama Islam seperti yang
dicontohkan oleh Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan
dan K.H. Hasyim Asy‘ari
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1. Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan,
sosial, dan pengajaran
3.2. Memahami sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
3.3. Memahami biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di
Indonesia (Walisanga, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, K.H.
Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari)
3.4. Memahami semangat perjuangan
Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H.
Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1.
Memaparkanalur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di
Indonesia
4.2.
Menceritakan sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
4.3.
Menceritakan biografi Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari,
K.H. Ahmad Dahlan, dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di
Indonesia
4.4.
Membuat peta konsep mengenai nilai-nilai perjuangan Abdurrauf Singkel,
Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam
menyebarkan agama Islam di Indonesia
|
KELAS
IX SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Meyakini bahwa Allah Swt,.memberi potensi seni
dan budaya pada setiap insan dan umat.
1.2
Menghayati nilai-nilai positif
yang ada dalam tradisi masyarakat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang,
Madura)
1.3
Menyadari bahwa Allah
SWT,. menciptakan umat-Nya dilengkapi
dengan potensi seni dan budaya
1.4
Berkomitmen ikut melestarikan
tradisi dan adat budaya yang Islami
|
2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1. Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara
2.2. Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara (Jawa, Sunda,
Melayu, Bugis, Minang, dan Madura)
2.3. Menunjukan sikap menghargai keaneka-ragaman tradisi dan adat budaya.
2.4. Menunjukkan sikap kemauan ikut melestarikan tradisi Islam (Jawa,
Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena, dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami bentuk seni budaya
lokal(Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
3.2
Memahami bentuk tradisi umat
Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
3.3
Membandingkanpendekatan seni
budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
3.4
Membandingkannilai-nilaitradisi
umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
|
4.1. Menunjukkan contoh bentuk seni budaya lokal
4.2. Memaparkan bentuk tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis,
Minang, Madura)
4.3. Mensimulasikan contoh seni budaya lokal(Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
4.4. Mensimulasikan contoh tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis,
Minang, Madura)
|
Komentar
Posting Komentar